Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan Event Gathering Bersama Parenting Club dan Clozette Indonesia

Baru saja kita dapet pengalaman baru dari sebuah event seru dan pastinya bermanfaat banget nih, nama eventnya adalah "Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan Event Gathering" yang di selenggarakan oleh Parenting Club Indonesia dan Clozette Indonesia. Wow, seputar kehamilan memang selalu menarik untuk disimak ya oleh siapapun lo, terutama para wanita yang belum punya anak, sedang program hamil, sedah hamil, bahkan yang sudah anak sekalipun (siapa tahu mau nambah kan? heheehe..).


Sedikit cerita tentang si penyelenggara Parenting Club Indonesia, sebelumnya kita sudah kenal dan sering mengunjungi website nya karena memang banyak hal yang menarik dan informatif banget untuk orang tua baru macem kita ini. Untuk akses nya mudah banget tinggal mengunjungi www.parentingclub.co.id. Nanti akan ada beberapa pilihan sesuai dengan kebutuhan kita apa. Seperti perihal Pra Kehamilan, Kehamilan, Bayi, dan Anak. Akachan kan sekarang sudah menginjak usia 2 tahun, pastinya drama nya berbeda lagi dan banyak hal baru lagi untungnya bisa akses website Parenting Club yang punya bagian Anak dengan pengelompokan anak 2 tahun yang isinya beneran informatif banget seperti Tumbuh Kembang: Potty Train. Wah, ini banget nih yang pas banget dengan kebutuhan kita saat ini karena sudah beres Menyapih (cerita nyusul ya) ada PR besar kita untuk Akachan yaitu Potty Train. Tuh kan sangat helpfull banget website ini buat para parents. 




Tapi sebetulnya jauh sebelum itu kita sudah sering buka website Parenting Club pas mulai awal-awal kehamilan, karena ada fitur-fitur keren di website ini seperti di bagian Pra Kehamilan yang punya Smart Ovulation Calendar. Seperti yang di tuturkan Ibu Citra, perwakilan Parenting Club, fitur ini sangat memudahkan jika mau menghitung masa subur karena nanti hanya tinggal input saja tanggal-tanggal tertentu yang bisa di akumulasikan otomatis sehingga kita bisa punya patokan tanpa harus bolak balik konsultasi ke dokter. Lalu ada satu fitur lagi yang sangat menarik perhatian kita pas sudah memasuki masa kehamilan adalah pengen tau Due Date kelahirannya kapan sih, ada yang namanya fitur Pregnancy Due Date Calculator. Dengan ini juga kita jadi bisa punya patokan semacam perkiraan due date kelahirannya dengan memasukan tanggal hari pertama haid terakhir, canggih dan otomatis tentunya.

Smart Ovulation Calendar

Pregnancy Due Date Calculato

Lanjut mengenai keseruan gathering event kali ini yang dihadiri oleh para mommies dengan nuansa White and Touch of Gold cukup meriah nih. Apalagi dengan hadirnya 2 narasumber cantik yaitu Nina Zatulini dan Dr. Dinda Derdameisya, Sp.OG. 



Kalau dari artis cantik Nina Zatulini dia sharing tentang pengalaman kehamilan nya dan bagaimana dia melewatkannya di tempat yang jauh dari kota asalnya dengan perbedaan culture, cita rasa dll. Lalu dia pun sering mendengar mitos-mitos mengenai kehamilan. Lalu dengan adanya Dr. Dinda Derdameisya, Sp.OG kita semua yang hadir diberikan informasi mengenai mitos-mitos kehamilan tersebut beserta fakta dan solusinya. Berikut mitos-mitos dan fakta mengenai kehamilan yang dibahas oleh Dr. Dinda Derdameisya, Sp.OG:

  • Mitos mengenai minum air es selama hamil nanti bayinya besar. Faktanya, Bukan es atau minuman dingin melainkan makanan dan minuman manis yang terkandung didalamnya yang biasanya bikin bayi jadi besar. 
  • Mitos bahwa wanita hamil bahaya jika berolah raga, faktanya The American College of Obstetricians and Gynecologist merekomendasikan wanita dengan kehamilan resiko rendah untuk berolah raga dengan intensitas menengah selama kehamilan. Olah raga akan menurunkan resiko pre-eklamsia, diabetes dalam kehamilan, dan menurunkan resiko penyakit kronis baik untuk ibu dan bayi.
  • Mitos untuk menggaruk perut dan bokong akan menimbulkan stretchmark selama masa kehamilan. Faktanya, penyebab dari timbulnya guratan atau garis pada saat hamil adalah adanya perubahan sel-sel yang menyebabkan pembengkakan dermis. Hal ini membuat epidermis atau kulit bagian paling luar kehilangan penyambung jaringan sehingga menimbulkan kondisi garis-garis guratan tersebut.
  • Mitos makan Durian akan menggugurkan kandungan. Faktanya, sampai saat ini belum ada fakta yang jelas durian sebagaio penyebab keguguran saat hamil. Justru buah kurma yang bisa mempengaruhi kontraksi uterus/rahim dan proses persalinan. Jadi sampai saat ini menurut Dr. Dinda Derdameisya, Sp.OG durian masih aman asal tidak berlebihan.
  • Mitos kalau mau punya anak perempuan harus makan sayur dan kalau mau anak laki-laki harus banyak makan daging. Faktanya, secara ilmiah laki-laki memiliki kromosom seks jenis X dan Y. Sedangkan perempuan memiliki dua kromosom seks yang sama, yaitu X dan X. Sehingga bila dalam berhubungan intim, sperma X yang membuahi sel telur maka terjadilah pertemuan kromosom X dengan X, sehingga yang di dapat adalah bayi perempuan. 
  • Ada juga yang bertanya mengenai mitos skincare untuk ibu hamil, menurut Dr. Dinda Derdameisya, Sp.OG selama skin care tersebut adalah yang dijual bebas dengan izin BPOM maka bisa dibilang aman, kecuali untuk beberapa product tertentu seperti obat jerawat, hair tonic, dan krim pemutih. Kembali lagi harus ditanyakan ke dokter masing-masing. 

Setelah selesai sesi sharing dan tanya jawab mengenai mitos dan fakta Kehamilan, ada sesi berikutnya yang gak kalah seru. Kali ini para mommies ditodong untuk bikin prakarya. Jadi kita diberi kegiatan seru yaitu melukis boneka bantal plushie yang menggemaskan. Katanya dengan melukis ini bisa bikin rileks dan menjauhkan stres untuk para mommies. Bener aja lo, dalam sekejap para mommies mulai pada anteng dengan bantal masing-masing yang sudah disediakan lengkap dengan kuas dan palet cat nya. Kita seneng banget kebagian bantal dengan gambar baby dan seru melukiskannya untuk dihadiahkan ke Akachan nanti (dan, ternyata Akachan suka banget langsung dipeluk-peluk). 




Hampir 3 jam kita mengikuti event seru ini sungguh sangat berkesan. Senangnya dapat berbagai informasi juga dapet temen-temen mommies baru. Oiya, lokasi event ini juga gak kalah asik beneran cozy dan bikin betah. Lokasinya ada di sebuah cafe baru di kota Bandung di kawasan Cicendo, namanya The White Clover, walaupun agak nyempil tempatnya tapi suka banget sama interior dan makanannya. 




Pokoknya terimakasih banyak untuk Parenting Club Id dan Clozette Indonesia yang sudah mengadakan event gathering seru ini, semoga sering-sering ya.



Comments

  1. Seru banget acaranya, aku mantengin juga di IGnya.

    ReplyDelete
  2. Sayang banget gabisa ikutan dateng ke acaranya. Jd penasaran pengen nanya banyak tentang mitos fakta lainnya pas masa kehamilan

    ReplyDelete
  3. Serunya.. Aku lihat beberapa temen juga ikutan. Itu bantalnya gemess

    ReplyDelete
  4. Wah makasih infonya tentang mitos fakta kehamilan :)

    ReplyDelete
  5. Banyak juga mitos yang gak bener ya Teh

    ReplyDelete
  6. Katanya kalau minum air es nanti air susunya beku. Kata temen aku yang lagi menyusui enggak. Memang banyak ya mitos seputar kehamilan dan menyusui

    ReplyDelete
    Replies
    1. Simply nya sih ketika masuk tubuh kita si air es akan mengikuti suhu tubuh kita, jadi somehow itu gak ngaruh kalau buat aku ya ^^

      Delete
  7. Mbaa kalau ada event seperti ini mau diajakin yaa :)

    ReplyDelete
  8. iya mitosnya uda mendarah daging teh akhirnya dipercaya deh hingga kini manggis diambil ekstraknya..
    btw cafe lucu acaranya jg keren mantaplah apalagi ada kembaran neng Nina haahaa

    ReplyDelete
  9. Wah, gathering yang seru. Coba waktu aku hamil dulu ada acara kyk gini, aku pasti gak bakal takut sama mitos2 seputar hamil.

    ReplyDelete
  10. Qta kemarin se event mba.. seneng yaa 🙂❤️

    ReplyDelete
  11. Wah seru ya acaranya...bermanfaat banget banyak ilmu yg didapat :)

    ReplyDelete
  12. Jadi keingetan dulu pas hamil. Banyak takut dan dilarangnya 😆

    ReplyDelete

Post a Comment