Liga Sepak Bola Berjenjang Piala Kemenpora 2019, Ajang Pencarian Bakat


Ngomongin Sepak bola memang gak akan ada habisnya ya, karena penggemarnya tuh banyak banget berbagai lapisan kalangan kan. Minggu lalu dapet kesempatan menghadiri event yang diadakan Kemenpora (Kementrian Pemuda dan Olah Raga) bertajuk Kick Off Liga Sepak Bola Berjenjang 2019. Event ini diselenggarakan di Lapangan Sepak Bola Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Tentu saja event ini dihadiri langsung oleh Bapak Mentri Imam Nahrawi.



Banyaknya peminat akan olah raga sepak bola ini menjadi perhatian tersendiri oleh pemerintah, pada tahun 2019, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo mengeluarkan Intruksi Presiden Nomer 3 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional yang ditujukan pada sekitar 15 instansi serta pemerintah daerah, termasuk kepada Kementrian Pemuda dan Olah Raga. Dalam rangka percepatan peningkatan prestasi sepak bola nasional dan internasional, khususnya kepada Kemenpora diintruksikan untuk melakukan sepuluh (10) tindakan, diantaranya melakukan pembinaan usia dini dan usia muda secara berjenjang, dan menyelenggarakan kompetisi sepak bola kelompok usia tingkat elit (unggulan) satuan pendidikan dan Sekolah Sepak Bola. Maka, sebagai bentuk implementasi dari intruksi tersebut, Kemenpora menggelar kompetisi sepak bola usia muda yang menjangkau berbagai lapisan umur.



Tak heran di lapangan terlihat anak-anak usia dini memakai seragam sepak bola. Semangatnya terasa banget sampai ke kursi penonton lo. Kami para blogger yang berkesempatan untuk menonton event ini di kursi stadion jadi ikut semangat. Siang itu kami dihibur juga dengan penampilan band dan penyanyi seperti Zigaz, Five Minutes dan Lia Afi. Selain itu juga ada penampilan marching band dan para penari daerah yang menampilkan aneka tarian Nusantara, benar-benar membuat semua penonton terkagum. Meskipun sempat hujan deras ketika mereka tampil, tidak menyurutkan semangat mereka lo. 


Setelah selesai acara hiburan, dilanjutkan sambutan dari Deputi Pembudayaan Olah Raga, Raden Isnanta. Puncaknya tentu saja sambutan dari Pak Mentri Imam Nahrawi juga Kick Off dari beliau di lapangan langsung. Untungnya hujan sudah reda kala itu, jadi semuanya bisa merapat ke lapangan untuk menyaksikan secara langsung aksi Pak Mentri. Meskipun becek sehabis hujan tetap semangat lo semuanya. 






Menurut Oak Mentri Imam Nahrawi, kompetisi sepak bola harus dikawal sejak usia dini, seperti persiapan pelatih hingga perangkat pertandingan seperti wasit berlisensi serta infrastruktur olahraganya. Liga Sepak Bola Berjenjang yang di usung kali ini merupakan kompetisi sepak bola yang diselenggarakan bertingkat dari umur 12. 14. 16. dan 21 Putra. Diikuti oleh 4000 Sekolah Sepak Bola (SBB)/Sekolah/Klub di 400 Kabupaten/Kota di 34 Provinsi. Tahun 2019 ini terasa sangat istimewa karena adanya Liga Sepak Bola Putri U-17 yang merupakan kompetisi sepak bola putri pertama dan terbesar di Indonesia. Tim Putri U-17 ini juga turut tampil dalam pertandingan eksibisi setelah kick off dari Pak Mentri. 





Ada yang special di kompetisi kali ini, adanya teknologi VAR atau Video Assistant Referee yang mana sebenarnya sudah pernah diterapkan dalam kompetisi sepak bola amatir Bandung Premier League. Teknologi ini dibuat oleh anak-anak kreatif dari Bandung yang gak kalah kualitasnya dengan VAR dari luar negri. VAR ini dinilai akan sangat membantu wasit dalam mengambi, keputusan terbaik di lapangan. Seperti yang bisa kita lihat, PAk Mentri Imam Nahrawi pun turut antusias ketika memamerkan VAR tersebut. 




Nah untuk kompetisinya sendiri akan dilangsungkan dari 17 Maret 2019 sampai dengan 17 Juni 2019. Setiap pemenang dari seri Kabupaten/Kota nanti akan masuk fase Regional. Puncaknya nanti akan ada seri Nasional pada bulan September 2019 dengan lokasi-lokasi sebagai berikut:
- Festival Liga Sepak Bola U12: Palembang, Sumatera Selatan
- Liga Sepak Bola Pelajar U14: Solo, Jawa Tengah
- Liga Pelajar U16: Banten
- Liga Mahasiswa U21: Yogyakarta
- Liga Sepak Bola Putri U17: Bandung, Jawa Barat

Mari kita ramaikan dan dukung terus kompetisi Sepak Bola Berjenjang ini sebagai ajang pencarian bakat dan untuk memajukan persepakbolaan tanah air. 

Comments

  1. salfok sama teknologi VAR nya teh ternyata buatan anak kreatif Bandung ya kirain teknologi luar negeri :) mantab pisan euy

    ReplyDelete
  2. mantabs ya teknologi VAR nya, makin mantabs aja dong dunia sepak bola Indonesia

    ReplyDelete
  3. Saya dulu waktu SMP gandrung banget sama bola, tapi sekarang ketinggalan banget dan baru tau kalau ada program sepakbola berjenjang ini. Bagus ya

    ReplyDelete
  4. Wow acaranya di Bandung ya, semoga program nya mamacu semangat anak mudah di bidang olahraga raga ya biar makin positive

    ReplyDelete
  5. Bagus ya ada kegiatan gini, jadinya para pemain muda makin semangat karena ada kesempatan buat berlaga di luar negeri

    ReplyDelete
  6. Bavus provramnya semoga saja bisa semakin memajukan persepakbolaan di negara kita ya teh...

    ReplyDelete
  7. 4000 SSB? Wah banyak juga ya?

    Semoga ntar ada yang sekaliber Christiano Ronaldo ya :)

    ReplyDelete
  8. Waah ada pesepak bola putri yaa 😎 keliatan gagah gitu yaa.. ternyata di indonesia fokus juga ya jadi ga cuma laki laki aja yg sepak bola. Jadi inget dulu pas zaman mahasiswa pernah sepak bola sama temen2 perempuan yg ada malah lebih banyak teriaknya dibanding nendangnya. Wkwk. Sukses selalu Sepak Bola di Indonesia

    ReplyDelete
  9. Program kayak gini mesti dibanyakin ya, Teh. Dan mesti konsisten.

    ReplyDelete

Post a Comment