Dilmah Real High Tea Challenge Cafe & Restaurant 2015 : Bandung

Beberapa waktu lalu #fairyfoodies dapat undangan dari Dilmah Tea 
dalam event Dilmah Real High Tea Challenge Cafe & Restaurant 2015.

Sekilas mengenai event ini:

Event Dilmah Real High Tea Challenge ini di prakarsai oleh Merril J Fernando yang merupakan pendiri Dilmah. Event ini dimulai dari tahun 2007 bertujuan untuk mengembalikan teh dalam acara high tea, Dilmah pun memulai perjalanan untuk mencari real high tea yang sesungguhnya di abad 21.

Di Indonesia sendiri, dengan tingginya pertumbuhan cafe dan restaurant dimana persaingan semakin tinggi dan untuk lebih memasyarakatkan cafe sebagai tempat bersosialisasi, maka budaya high tea akan sangat mendukung perekonomian Indonesia. Dilmah Real High Tea Challenge Cafe & Restaurant , kompetisi teh yang paling menantang untuk menyajikan teh sore hari bagi Cafe & Resto khususnya pada tahun 2015 ini untuk wilayah kota Jakarta & Bandung, diselenggarakan bermitra dengan PT. David Roy Indonesia. Panel juri untuk Dilmah Real High Tea Challenge Cafe & Resto Jakarta dan Bandung terdiri atas :

- Ibu Eliawati Erly, selaku Brand Ambassador Dilmah Indonesia sekaligus mewakili PT. David Roy Indonesia dan Celebrity Chef.

Kriteria penilaian dalam kompetisi ini sangat ketat, dan berdasarkan penilaian Dilmah Real High Tea Challenge. Event ini di ikuti 10 Cafe & Resto di Jakarta dan 8 dari Bandung. Khususnya area Bandung dilaksanakan pada 7-8 September 2015 untuk presentasi tiap peserta dan penilaian juri. Peserta nya sendiri terdiri dari kalangan profesional kuliner di kota Bandung. Adapun item yang dilombakan adalah sebagai berikut:

1. Hot Tea Pairing Dish (Sweet or Savory)
2. Mocktail or Cocktail Pairing Dish (Sweet or Savory)
3. Tea Inspire Cuisine (Food with Ingredients Tea)

Selain para peserta lomba Dilmah Real High Tea Challenge, adapula para foodblogger yang di ikutsertakan dalam event ini. Dengan mengusung tema "Foodblogger are a Local Hero", karena setiap tempat pasti memiliki keunikan tersendiri yang berbeda-beda dan untuk dapat mengenali nya dibutuhkan orang yang betul-betul tahu detail tempat tersebutsecara rinci yang biasanya terdapat dalam karakter foodblogger.

Berikut ini adalah list dari cafe & resto yang mengikuti Dilmah Real High Tea Challenge Cafe & Resto di Bandung:

- Porto Resto
- Kirbs Tea Room & Pastry
- Javana Bistro
- The Peak Resort Dining
- Cocorico Cafe & Resto
- L'Societe Dine & Bar
- Chubby Bunny
- Ozt Cafe

Nah, dari sekian banyak cafe tersebut #fairyfoodies tidak mendatangi semua cafenya, hanya sebagian saja dikarenakan ada halangan satu dan lain hal. Meskipun hanya sebagian tempat #fairyfoodies akan share pengalaman yang di dapatkan ketika berkunjung ke cafe-cafe tersebut.

PORTO RESTO

Resto ini merupakan  yang pertama dikunjungi. Terletak di Jl. Setiabudi No. 53 Bandung. Menurut #fairyfoodies Porto memiliki konsep yang paling kuat, bisa dibilang paling niat sih. Konsepnya sendiri mengacu pada tema restonya yaitu Pelabuhan (Porto). Dimana perjalanan hidup manusia itu selalu berlabuh pada sebuah pelabuhan kehidupan. Adapun pelabuhan yang diusing ada 3 yakni Pelabuhan Kelahiran, Pernikahan, dan Sweet Memories (Hari Tua). Bahkan setiap menu yang disajikan pun memiliki arti dan filosofinya tersendiri. Menu yang dilombakan oleh Porto diantaranya adalah:




1. Cocotte De Salmon Pairing with Lapsang Souchong Tea 
    Menu yang satu ini cukup unik karena disajikan dalam cangkang telur lalu di isi dengan salmon fresh dan crouton yang diberi saus tartar, ditutup dried radish sprout dan topping telur puyuh yang dilengkapi dengan black caviar. Penyajian unik ini disesuaikan dengan konsep mereka di Pelabuhan pertama yaitu Kelahiran, dimana Telur di lambangkan sebagai awal permulaan kehidupan. Menu yang ini di pairing dengan Lapsang Sauchong tea yang memiliki karakter smoke yang kuat sehingga bisa memberikan 'ledakan' sensasi di akhir.






2. Almond Lava Cake Pairing with Peppermint Hopper
    Menu kedua ini merupakan lava cake dengan rasa coklat Belgia yang mewah, sepintas akan terasa almond tea dari dilmah yang sangat cocok di pairing dengan Peppermint Hopper yang merupakan campuran peppermint tea, cream, dan sedikit liquer. Rasa Coklat yang pahit manis ini dilambangkan dengan Pelabuhan kedua dimana dalam Kehidupan Pernikahan tidah akan selalu manis namun ada pahit yang akan melengkapi satu sama lainnya.



3. Cod Imperika (Sauce with Jasmine Tea)
    Menu Terakhir yang mewakili Pelabuhan Terakhir dimana di masa Tua kita saatnya menikmati memori-memori indah yang telah dilalui. Cod Imperika merupakan menu yang simpel namun memiliki cita rasa yang mewah, sangat unik karena sausnya berasal dari Jasmine Tea.




KIRBS TEA ROOM AND PASTRY

Cafe yang satu ini lokasinya cukup strategis berada di PVJ mall dan terletak di tengah atau pusat mall. Meskipun terbilang imut cafe ini sangat cantik dan memang temanya sangat cocok dengan Dilmah yakni Tea Room. Menu yang disajikan pun memang menu-menu teman minum teh seperti cake dan pastry. Tema dalam lomba kali ini adalah Mad matter's Tea Party, karaketer dalam Alice in wonderland. Terlihat jejeran cangkir dan teko cantik dan antik juga makanan dengan warna warni yang menggoda. Adapun menu yang di lombakan adalah:





1. Homemade Scone with Clothed Cream & Raspberry Jam (Sweet), Habuniku Chanpuru (Savory) Pairing with Jasmine Petals Tea or Mad Matter's Green Smoothies
2. Macatearon (Almond & Erl Grey), Chocolate Cake, Adagio Bourbon Tart Pairing with The Dutches Ice Tea or Elegant Earl Grey Tea
3. Herbal Steam Chicken Soup Infused with Lapsang Souchong Tea





COCORICO CAFE & RESTO

Cocorico Cafe & Resto terletak di Jl. Bukit Pakar Timur No. 19 (Dago Atas). Cafe ini cukup luas dengan kelebihan memiliki view kota Bandung dari atas. Baik siang ataupun malam, pemandangannya sangat cantik dan memanjakan mata. Adapun menu yang di lombakan dari Cocorico adalah:

1. Briliant Breakfast Tea Pairing with Traditional Platter (Cireng, Tempe Mendoan, Tahu Garam Pedas dan Veggie Wonton)


2. Grilled Tenderloin Marinated with Lapsang Sauchong Tea


3. Green Tea with Jasmine Flower Pairing with Pannacota in Green Tea Based



L'SOCIETE DINE AND BAR

Resto yang satu ini terletak di kawasan strategis, Dago. Dekat RS. Borromeus dan Kampus ITB. Begitu masuk kedalam, suasana Eropa sangat kental, dan konsep resto ini sendiri merupakan resto fine dining. Penataan tiap mejanya sangat manis dan rapi. Berikut menu-menu mereka yang dilombakan:

1. Earl Grey Scallops Pairing with Night Victory




2. Sweet Oeuf a la Coque Pairing with Glad You Came



3. Lapsang Souchong Pork Belly



Nah, sekian sharing sedikit pengalaman #fairyfoodies dalam partisipasi event Dilmah Real High Tea Challenge sebagai foodblogger. Senang sekali bisa ikutan dan bisa berkenalan dengan banyak orang dari berbagai kalangan. Semoga next event bisa terus ikutan dan meramaikan, karena event nya seru banget dan sayang untuk dilewatkan. 

Thank You Dilmah.

All Picture Taken By
Sony Alpha 5000



Comments

  1. Waawwww, yang cangkang telur itu kayaknya yg paling hits yaaa

    ReplyDelete
  2. Iya Mba Maya, Banyak yang suka juga dari segi konsep dan rasa perfect banget!

    ReplyDelete
  3. Keren konsep yg porto 😉😉😉

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts