Cita Rasa Palembang di Bandung : Pempek Nenek Tino


Siapa yang tidak tahu pempek? Makanan khas dari Palembang ini memang banyak sekali penggemarnya. Kabar gembira untuk warga Bandung nih, karena tidak perlu jauh-jauh ke Palembang untuk bisa menikmati cita rasa pempek khas Palembang.

Sekarang ada tempat makan baru dengan nama Pempek Nenek Tino. Kenapa sih namanya Nenek Tino, awalnya #fairyfoodies sempat menyangka bahwa sang owner bernama Tino. Tapi setelah dijelaskan oleh Ownernya, Misye Sasongko, Nenek Tino adalah bahasa Palembang untuk sebutan Nenek. Dan kebetulan semua resep makanan khas Palembang disini didapatkan beliau dari sang Nenek. Semacam resep turun temurun gitu.



Letaknya sendiri dari resto ini ada di Jl. Pelajar Pejuang yang cukup ramai, dari jalan pun sudah bisa dikenali restonya dengan karena signage nya cukup besar dengan parkiran yang lumayan. Dekorasi dan interiornya disini kental dengan nuansa Sumatra seperti terlihat dari meja dan kursinya, yang mana juga adalah koleksi pribadi sang owner. Di pojok depan ada spot untuk live music. Kesa yang didapatkan pertama kali adalah homy dan sangat cocok untuk keluarga bahkan arisan sekalipun, karena disinipun ada ruang VIP yang bisa dipakai untuk acara pribadi.


Saatnya mencicipi pempek khas dari Nenek Tino ini, ternyata variannya cukup lengkap lo dari lenggang, kapal selam kecil dan besar, model, tekwan, hingga pempek keriting. Ketika di sajikan pempek tidak langsung diberi kuah, karena kuah cuko nya ada di setiap meja dengan 2 pilihan pedas dan original. Jadi customer bisa meraciknya sendiri sesuai selera. Selain itu ada toping mie atau bihun yang bisa dipilih sebagai teman pempeknya. Rasa pempeknya pertama kali masuk ke mulut ga ada kata lain selain ENAK!!!

Aneka Pempek


Ya, kualitas dari ikannya berasa premium, kekenyalannya pas dan seperti dijeslaskan ownernya hampir 80% bahan bakunya adalah ikan tenggiri segar dengan hanya sedikit campuran tepungnya. Aroma dari pempeknya sendiri harum dan menggugah selera, ditambah kuah cuko yang pas rasanya menambah kenikmatan pempek tersebut.


Varian lain dari pempek reguler yang mengambil perhatian adalah Pempek Lenggang dan Tekwan-nya. Pempek Lenggang adalah potongan pempek lenjer yang dimasak menjadi semacam telur dadar lalu disiran cuko, sedangkan Tekwan biasa disebut dengan pempek kuah, yaitu potongan pempek kecil diberi kuah kaldu yang gurih, sangat cocok untuk dimakan ketika cuaca dingin nih.

Pempek Lenggang

Tekwan


Selain menu pempek disini pun tersedia menu khas Palembang lainnya seperti Es Kacang Merah dan Nasi Pindang Iga dengan Sambal Mangga. Untuk cita rasanya memang tak bisa diragukan lagi, sang owner benar-benar menyajikan makanan dan minuman dengan kualitas yang bagus. Untuk es Kacang Merahnya manisnya pas, kacang merahnya empuk dan legit setelah dimasak berjam-jam, ditambah aroma sirup yang harum. Untuk Pindang Iganya disajikan di panci kecil dengan sambal mangga terpisah, rasa sambal mangganya segar seperti rujak dan cocok dipadukan dengan pindang iga yang asam pedas gurih.

Es Kacang Merah

Pindang Iga Sambal Mangga

Di Resto Pempek Nenek Tino inipun selain menu makanan dan minuman Palembang ada juga foodcourt dengan aneka makanan yang enak lo. Ada Sate Maranggi, Sate Padang, Batagor dan Mie Ayam Bakso. Hampir semua kami cicipi enak semua, rasanya cukup berbeda dengan ditempat lain dan ditambah harganya pun disini cukup terjangkau lo. 

Sate Maranggi memang terkenal sekali di kota Purwakarta dan disini kita bisa menikmatinya dengan ketan bakar yang dicocol dengan saus oncom yang pedas gurih. Sensasi berbeda dan seru lo. 

Sate Maranggi



Mie Ayam Bakso

Sate Padang

Bagi pengunjung yang ingin membawa pulang pempek nenek Tino atau bahkan ingin memberikan hantaran/oleh-oleh disini ada kemasan khusus take away nya yang menarik dari bahan anyaman lo. Juga Pempek Nenek Tino ini bisa menerima pesanan partai besar, arisan, catering, bahkan bisa dikirim ke seluruh Indonesia lo.


PEMPEK NENEK TINO
Jl. Pelaja Pejuang 45 No. 38
Telpon: 022 8734 6389

Open Hours:
09.00 AM - 09.00 PM

Facebook: Pempek Nenek Tino
IG : Pempek Nenek Tino

Pictures Taken By
Sony Alpha 5000

Comments