Perjalanan Penuh Inspirasi Selama 60 Tahun Bersama Astra Indonesia

Sumber: www.astra.co.id
Siapa sih yang gak kenal dengan Astra Indonesia, salah satu Grup perusahaan terbesar di Indonesia dengan ruang lingkup yang cukup banyak seperti Perdagangan umum, perindustrian, jasa pertambangan, pengangkutan, pertanian, pembangunan dan jasa konsultasi. Namun yang paling utama adalah di bidang otomotif meliputi perakitan dan penyaluran mobil, sepeda motor, dan suku cadangnya, Sehingga kalau pertama kali mendengar kata 'Astra" langsung terlintas yang berbau otomotif, karena Astra sendiri memang tak bisa lepas dari merk terkenal seperti Honda, Toyota dan United Tractor yang selalu kita temukan dalam kehidupan sehari-hari.



Sumber : www.astra.co.id
Sebaiknya kita mulai dengan mengenal lebih dahulu bagaimana muncul dan berkembangnya Astra dari awal sampai sekarang. Astra didirikan pada tahun 1957 dengan nama PT Astra International Incorporated memulai usahanya sebagai perusahaan dagang. Pada tahun 1969, Astra resmi menjadi distributor kendaraan Toyota di Indonesia yang mencapai keberhasilan. Hal ini mempengaruhi perkembangan Astra selanjutnya dengan ditunjuknya Astra sebagai distributor tunggal sepeda motor Honda dan mesin perkantoran Xerox di Indonesia pada tahun berikutnya. Setiap tahunnya Astra seolah terus mengembangkan sayapnya sampai ke beberapa sektor bisnis dan usaha. PAda tahun 1990, perseroaan Astra mengubah namanya menjadi PT Astra International Tbk.Dalam rangka penawaran umum perdana saham Perseroan kepada masyarakat, yang dilanjutkan dengan pencatatan saham Perseroan di Bursa Efek Indonesia dengan menggunakan ticker ASII. Saat ini Astra memiliki 208 perusahaan dan melayani lebih 10 juta konsumen dan pelanggan Grup Astra. Komitmen untuk terus menghasilkan produk berkualitan membuat Astra terus berkembang dengan memasuki Divisi properti di tahun 2016, sehingga sampai saat ini perusahaan Astra memiliki 7 lini bisnis diantaranya:
  • Otomotif
  • Jasa Keuangan
  • Alat Berat dan Pertambangan
  • Agribisnis
  • Teknologi Informasi, 
  • Infrastruktur
  • Logistik
  • Lainnya (Properti)
Pada awal berdiri Astra hanya memiliki 4 orang karyawan saja yang terus berkembang menjadi perusahaan besar hingga kini jumlah karyawannya mencapai 214.853 karyawan yang tersebar di 208 anak perusahaannya di seluruh Indonesia. Astra menyadari betul bahwa berkembangnya perusahaan dan tercapainya kinerja perusahaan yang baik tak lepas dari inovasi yang dilakukan secara berkelanjutan. Oleh karena itu pada tahun 1982, Astra telah mengembangkan InnovAstra., sebagai budaya inovasi dan improvement oleh insan Astra. Diketahui sudah ada 7.390.385 proyek inovasi yang telah dijalankan. Hal ini tentu saja berhubungan dengan didukungnya kemampuan dan kompetensi semuber daya manuasia yang dengan setia mengabdi di dalamnya. 





Selama 60 tahun inilah Astra terus mengispirasi berbagai kalangan, sampai akhirnya Astra menggelar SATU Indonesia atau Semangat Astra Terpadu untuk Indonesia sebagai bukti kongkret dari Grup Astra mewujudkan keberlangsungan dan keberlanjutan kemajuan bangsa Indonesia. Seperti tercermin dalam cita-cita Astra yakni "Sejahtera Bersama Bangsa". Pergelaran SATU Indonesia ini meliputi Award atau penghargaan bagi generasi muda yang bisa berinovasi dan menjadi inspirasi di sekitarnya. 


Sumber: news.okezone.com
Bila dilihat dari yang paling menonjol dari Astra adalah bidang otomotif, pada tahun 2017 ini di event otomotif terbesar berskala internasional, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Astra ikut berkontribusi kembali seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Dengan menghadirkan produk-produk teranyar dari brand otomotif andalannya juga dari salah satu yayasannya, yakni Yayasan Dharma Bakti Astra (YDBA) dan salah satu anak perusahaannya PT Astra Otoparts Tbk. Pohon industri dari YDBA terdiri dari 3 segmen antara lain
  1. Sigra, dimana beberapa UKM Mitra YDBA menyediakan produknya ke Kendaraan Bermotor Hemat Energi dan Harga Terjangkau (KBH2).
  2. Umum, yang merupakan replika mobil KBH2 yang menampilakn berbagai komponen dari 43 UKM Mitra YDBA.
  3. Wintor, Dimana ada 14 UKM lokal yang terlibat didalamnya yang mana tiga diantaranya adalah UKM Mitra YDBA.
Hadirnya YDBA di event GIIAS 2017 ini bukan hanya untuk memperkenalkan produk para UKM mitranya, tapi juga sebagai salah satu langkah YDBA dalam mengedukasi para pengunjung mengenai kontribusi UKM dalam dunia industri otomotif nasional, Hebatnya YDBA juga karena pada awalnya berfilosofi pada "Berikan Kail bukan Ikan", sehingga YDBA menjadi wujud nyata komitmen Astra untuk berperan secara aktif dalam pembangunan bangsa. 

Sumber: Astra Internasional

Referensi: www.astra.co.id



Comments

Popular Posts