#KEBELAJAR Memaksimalkan Pendapatan Iklan di Blog Bersama PROPS


Pada bulan Februari 2019 lalu, aku berkesempatan ikut acara seru bersama temen-temen blogger di Komunitas Emak-Emak Blogger Bandung. Event ini diselenggarakan oleh para admin Komunitas Emak Blogger dan ProPS, yang merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang konsultan monetizing web. Bertajuk "Langkah Jitu Memaksimalkan Pendapatan Iklan", event ini dihadiri cukup banyak para Emak Blogger yang semangat untuk sama-sama belajar. 




Lalu kenapa baru di post sekarang? Jadi sebelumnya memang sudah sempat di draft dan sudah kadi sebagian namun karena kelalaian malah tertumpuk draft lainnya. Mumpung lagi bongkar-bongkar draft mending segera diselesaikan saja, hehehe...

Oke, kembali lagi bahas event #KEBELAJAR ini ya, jadi selama ini kan para blogger kebanyakan menulis bermacam-macam seperti lifestyle, travel, food, parenting, beauty, fashion, hingga aneka hobi yang ternyata bisa dimanfaatkan sebagai sumber penghasilan. Makanya jaman sekarang tuh blogger sudah bisa menjadi sebuah profesi seiring dengan kemajuan tren blogging masa kini.




Event ini dibuka oleh sambutan dari Mira Sahid yang merupakan Founder dari Komunitas Emak Blogger.  Menurut beliau sebagai blogger atau influencer istilah zaman sekarang sangat penting untuk membuat konten (baik foto atau caption) yang tak hanya menarik tapi juga menjual, dalam artian bisa mengundang banyak like dan komentar yang nantinya bisa menarik brand yang akan memakai jasa blogger atau influencer. Juga Mak Mira berharap agar kegiatan yang berlangsung ini bisa bermanfaat dalam kegiatan blogging.




Sekilas membahas tentang ProPs atau PT. Promedia Punggawa Satu yang merupakan salah satu google chanel partner. ProPS biasanya membantu kliennya untuk berkomitmen dalam meningkatkan pendapatan melalui solusi monetasi content yang bertujuan untuk memaksimalkan konten agar medapatkan potensi pendapatan yang lebih besar. ProPS sendiri didirikan pada tahun 2016 ole Edi Taslim dan Ilona Juwita. Tingkat layanan yang diberikan ProPS sudah memiliki reputasi yang tinggi di Indonesia dan Asia Tenggara. 



Pembicara utama dalam event ini adalah Mbak Ilona sebagai Founder sekaligus CEO dari ProPS. Beliau menyampaikan bagaimana cara memaksimalkan pendapatan iklan bagi seorang blogger biasanya yang memang bisa me-monetize blognya agar dapat pemasukan iklan disarankan pula untuk mendaftarkan blog ke Google AdSense. Namun biasanya ada kendala bagi para blogger ketika mendaftar Google AdSense seperti pendaftaran yang ditolak, sampai pemasukan terlalu kecil sehingga tidak bisa dicairkan karena kebijakan Google sendiri. Lalu ProPS hadir sebagai partner bagi para blogger untuk mewijudkan impian mendapatkan pemasukan dari blog. Lalu langkah monetasi yang bisa dilakukan para blogger menurut Mbak Ilona bisa melalui cari sebagai berikut melalui Content Marketing, menjadi social influencer, menempatkan link afiliasi, pemasangan iklan, dan berjualan produk digital.

Setelah monetasi tadi dilakukan maka akan muncul peluan besar dengan target meningkatkan International trafffic yang mampu mendatangkan global audience tentunya. Global audience ini sangat menarik karena pengunjung website sendiri bisa datang dari mana saja kan. Bagaimana membuat konten yang menarik untuk Global Audience:

  1. Tentukan target Audience
  2. Produksi konten yang "evergreen"
  3. Konten boleh saja bertopik lokal, namun dibawakan secara relevan untuk global audience
  4. Pastikan tidak menggunakan konteks yang menyangkut budaya tertentu, sehingga akan sulit dipahami secara umum
  5. HAti-hati dalam penggunaan kata-kata referensi (jarak, berat, pecahan uang, hari libur) karena setiap negara memiliki istilah yang berbeda
  6. Ketika menggunakan image, pastikan yang dipahami secara universal
  7. SEO, manfaatkan keywords yang populer di negara tersebut untuk kemudian ditempatkan d konten yang relevan
  8. Gunakan jasa translator dan berikan akreditasi.
Oleh karna itu bisa disimpulkan dari event ini yang bisa dipelajari adalah bisa lebih memahami fungsi dari blog dan bagaimana memaksimalkan potensi yang ada. Semoga kedepannya bisa terus ikut belajar bersama Komunitas Emak Blogger dan diharapkan akan ada event-event lainnya yang gak kalah seru dan pastinya bermanfaat. 




Comments