FUNANCIAL #YangKamuMau, Mengubah Hobi Menjadi Bisnis Yang Asik



Sabtu lalu tanggal 07 Desember 2019 aku berkesempatan menghadiri event Talkshow seru yang diadakan oleh Home Credit. Bertajuk Talkshow Start Up Smart Financial Tips For Turning Your Hobby Into a Business, acara ini berlokasi di Paberik Kopi Upnormal Coffee Roastery, Jl. Cihampelas Bandung. Baru kali ini aku mengikuti event finansial yang seru dan Fun, terlihat dari antrian Panjang peserta yang excited mengahadiri acara ini.



Pukul 10.00 pagi, para peserta talkshow mengantri dengan rapi di meja registrasi dan diberi secarik kertas untik diisi data diri yang nantinya akan dimasukan bowl untuk doorprize di akhir acara. Meja registrasi terletak di lantai satu, dan talkshow akan berlangsung di lantai 2. Banyak juga yang hadir dari berbagai kalangan ada mahasiswa, pengusaha, juga para blogger. Setelah konfirmasi kehadiran di meja registrasi kami didampingi panitia ke lantai 2. Disana sudah rame banget lo dan disediakan coffee break yang terdiri dari kopi hitam panas, air mineral dan snack pisang bakar khas Upnormal. Jujur aja kau baru pertama kali ke cabang Upnormal yang ini dan ternya luas banget juga lantai 2 nya bisa dijadikan tempat semcam seminar yang tentunya berkapasitas lebih dari 100 orang. Sambil menikmati coffee break, di sudut ruangan disediakan spot foto-foto yang gemes banget bertemakan Funancial. Jadi sebelum dimulai kita foto-foto dulu deh sambal bertegur sapa dengan peserta lainnya.
Tak berapa lama, Ucita Pohan yang didapuk sebagai host memulai acara dengan menyapa semua peserta dan mengawali acara dengan games dan bagi-bagi hadiah donk. Setelah itu, dating perwakilan dari Home Credit Indonesia, Mbak Freya, turut memberi sambutan dan memberikan sekilas info tentang Home Credit. Jadi Home Credit merupakan Perusahaan pembiayaan berbasis tekhnologi baik online maupun offline yang bertaraf internasional. Home Credit ini memiliki produk andalan yaitu layanan pembiayaan multiguna yang bisa dipergunakan untuk pembelian barang, biaya Pendidikan, biaya pengobatan dll.


Acara dilanjutkan oleh narasumber pertama yaitu Dipa Andika yang merupakan Financial Planner dan Co Founder dari HaHaHa Corp yang merupakan perusahaan manajemen khusus untuk Komika Stand Up Comedy seperti Ernest Prakasa, Arie Kriting, Ge Pamungkas, dll. Beliau pembawaannya santai dan fun lo meskipun yang dibahas mengenai finansial yang biasanya berat banget untuk disimak. Menurutnya kalau mau memulai usaha bisnis bisa dilakukan dari hal yang paling kita suka dulu jadi nanti menjalani bisnisnya bisa lebih happy. Yang menarik juga beliau mengungkapkan adanya istilah Latte Factor yang artinya adanya kebiasaan yang terlihat kecil tapi kita lakukan berkali-kali sampai menjadi sesuatu yang besar. Contohnya nih jajan cemilan atau ambil cash di ATM yang ada biaya adminnya. Kita jadi bisa lebih waspada dan juga harus berencana kedepan sampaiada sedikit pembahasan mengenai asuransi dan reksadana yang sebetulnya bisa kita mulai dengan biaya yang tidak terlalu besar tapi manfaatnya bisa dirasakan nanti.



Selanjutnya ada narasumber kedua yang aka berbagi cerita juga yaitu Mohammad Takdis atau akrab disapa Adis yang merupakan Owner dari Whatravel Indonesia yang bahkan usianya masih 20an loh. Kalau Adis ini lebih bercerita tentang perjalanan bisnisnya. Dari mulai di DO dari kampusnya, lalu berbisnis sukses sampai malah diundang menjadi pembicara oleh kampus yang dulu mengeluarkannya. Adis sendiri gak langsung sukses gitu aja lo, diapun mengalami yang Namanya jatuh bangun dalam berbisnis. Seperti membuka café yang akhirnya bangkrut dikarenakan kurangnya perencanaan finansial. Dari situlah kita bisa mengambil hikmah bahwa perencanaan finansial ini cukup penting dalam membentuk masa depan yang kita inginkan nantinya.

Saking serunya acara ini sampai gak kerasa waktu 2 jam akhirnya harus selesai, diakhiri dengan tanya jawab dan juga foto Bersama tentunya. Oh iya ada Doorprize juga donk, yang bikin para peserta tetap bersemangat sampai akhir acara. Hadiah nya lumayan banget ada voucher belanja, saying belum rezeki hari itu yang dapet orang lain. Sebelum pulang kami para peserta masih disuguhi makan siang Rice Bowl ala Upnormal yang enak dan bikin kenyang. Setelah makan, ternyata masih ada souvenir dari Home Credit juga sertifikat untuk para peserta, beneran worth it banget acara ini deh dan yang paling seru ini tuh Free alias gak dipungut biaya. Semoga kedepannya makin banyak acara seru dan bermanfaat seperti ini lagi. 


Info Home Credit bisa di cek disini ya:


Comments