PLENO CERMAT 2020 Bersama Para Ibu Duta CerMat Fortune



Hari Selasa lalu, aku senang banget karena bisa diberi kesempatan untuk menghadiri event seru yang diselenggarakan oleh Fortune Cermat. Acara berlokasi di Hotel Grand Mercure Setiabudi Bandung, yang cukup dekat dengan Kawasan Lembang yang dingin. Pleno Cermat 2020 dihadiri oleh Para pemenang kontes Ibu Cermat yang nantinya akan dilantik sebagai Duta Ibu CerMat 2020.
Pleno Cermat 2020 ini baru pertama kalinya diadakan oleh pihak Fortune Cermat dan selain dihadiri para Ibu Cermat, ada juga 3 narasumber yang akan sharing ilmu dan pengalamannya kepada semua peserta yang hadir. Para Narasumber tersebut diantaranya adalah Wulan Anindyajati (Anin), Heni Maria, dan Sugiharti Sasmita (Ugi). Adapun rangkaian acara Pleno Cermat 2020 ini terdiri dari Kelas Cermat dari ketiga narasumber, Pelantikan Duta Ibu Cermat dan diakhiri dengan Gala Dinner.





Sedari pagi para peserta dan undangan sudah berdatangan ke hotel dan berasal dari berbagai kota. Seru banget jadi bisa berkenalan dengan ibu-ibu hebat dengan berbagai latar belakang dan asal yang berbeda. Meskipun cuaca agak sedikit mendung semua yang hadir tetap semangat untuk mengikuti Pleno Cermat 2020 ini. Setelah selesai registrasi kami dipersilahkan untuk menikmati coffee break. Acara dimulai dengan sambutan dari Ibu Nuri sebagai Marketing Manager dari Fortune. Beliau menyampaikan kenapa harus CerMat, karena CerMat ini merupakan singkatan dari Cerdas dan Hemat. Seorang Ibu masa kini memang dituntut untuk menyiasati tantangan dengan trik yang cerdas dan hemat. Acara Pleno Cermat seperti ini diharapkan akan diadakan secara Annual, jadi rutin setiap tahun seperti sebuah Akademi yang nantinya akan menghasilkan Duta Ibu-ibu CerMat.



Setelah coffee break, acara dilanjutkan dengan kelas Cermat pertama dari Wulan Anindyajati atau yang sering disapa Mba Anin yang merupakan seorang Financial Planner. Meskipun beliau merupakan lulusan Tekhnik Industri ITB, tapi memiliki pengalaman bekerja di Bank selama 12 tahun yang membuatnya semakin mahir dalam perencanaan finansial. Beliau berbagi tips mengenai masalah dan perencanaan keuangan untuk para peserta yang notabene adalah para Ibu yang diharapkan nantinya bisa diaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari. Berikut beberapa tips dalam merencanakan keuangan dari Mba Anin yang bisa dimulai dengan Mencatat, yang dimaksud adalah mencatat setiap pengeluaran dan pada masa kini para Ibu sudah dimudahkan denga adanya berbagai aplikasi untuk mencatat pengeluaran ini. Selain itu mulai menyusun neraca, arus kas bulanan dan tahunan, juga membuat pos-pos pengeluaran. Selanjutnya ada juga kegiatan menabung yang bisa diawali dengan tujuan misalnya biaya sekolah anak. Menabung pun bisa dilakukan dengan berbagai media seperti di Bank, Celengan, atau lewat Logam Mulia. Kelas Cermat dari Mba Anin ditutup dengan lomba Diskusi Kelompok yang seru banget. Peserta dibagi 3 kelompk dan diberi tugas lalu diberi limit waktu untuk menyelesaikan tugas yang nantinya akan dinilai oleh Mba Anin.




Acara dilanjutkan dengan istirahat sholat dan makan siang. Pada saat makan siang ini aku dan para peserta lain bisa lebih mengakrabkan diri. Jam 1 siang, acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang dari lomba diskusi kelompok. Senangnya kelompokku berhasil menag, dan kami dapat voucher Belanja. Semakin siang semakin seru dan gak bikin semangat para peserta menurut karena hadirnya narasumber kedua yaitu Ibu Heni Maria yang merupakan Weekly Meal Planner dan sudah menerbitkan buku resep lengkap yang gampang dibuat untuk sehari-hari. Pembawaan Ibu Heni ini sangat ramah dan ceria sehingga para peserta pun aktif bertanya pada beliau. Sebelum acara kami dibagikan sebuah buku yang di dalamnya ada kolom Weekly Meal Planner. Ibu Heni menyampaikan bagaimana cara memulai Weekly Meal Planner ini bisa dengan tentukan budget ulu, lalu catat resep dan bahan apa saja yang akan dibutuhkan untuk satu minggu, setela itu bikin list belanja dan luangkan waktu untuk berbelanja dan melakukan meal preparation dengan cara dipisah per kotak tiap harinya. Hal ini tentunya bertujuan untuk memudahkan kerja ibu tiap harinya, menghemat waktu dan pastinya praktis. Bahkan ada kelebihan lain dari weekly meal planner ini adalah kita jadi lebih bisa memperhatikan gizi setiap anggota keluarga. Kelas Cermat dari Ibu Heni ditutup dengan kontes membuat weekly meal masing-masing untuk para peserta.



Ketika menjelang sore, peserta dipersilahkan kembali menikmati coffee break dan acara dilanjutkan untuk kelas Cermat terakhir dari Ibu Sugiharti Sasmita (Ugi) yang merupakan seorang pengusaha baru yang sukses. Beliau lebih banyak sharing mengenai pengalamannya membangun bisnis yang dirintisnya setahun belakangan ini. Berawal dari ketidaksengajaan bisnis kuliner Ibu Ugi melesat berkat info dari mulut ke mulut yang awalnya pesanan hanya belasan sekarang sudah ratusan dalam satu minggunya. Dalam mengembangkan bisnis nya Ibu Ugi tak jarang mengalami jatuh bangun dan berganti-ganti varian jualan hingga akhirnya beliau sukses memasarkan produl andalannya yaitu Baso Aci, Cireng dan Sambal. Pesan penting dari Ibu Ugi juga dalam merencanakan bisnis adalah dengan memperluas networking dan berjualan dengan menu yang variatif.



Kelas Cermat akhirnya selesai pada sore hari para peserta diberi jeda untuk istirahat sejenak menjelang pelantikan Duta Ibu Cermat. Jam 5 Sore, peserta kembali berkumpul dan mengikuti pelantikan Duta Ibu Cermat 2019 yang dilantik oleh para Dewan Cermat dari pihak Fortune. Para pemenang kontes Ibu CerMat yang dilantik sebagai Duta Ibu CerMat ini semua dipilih karena bisa memberikan ide-ide kreatif dan pastinya CerMat dalam kehidupan sehari-harinya. Ide-ide mereka ini bikin takjub dan sangat menginspirasi diantaranya ada yg memanfaatkan minyak bekas/jelantah menjadi sabun cuci, Gerakan menabung selembar sehari, membuat Beeswax Wrap, usaha nasi bento anak, dll. Semuanya keren dan hebat.


Pada malam hari diadakan gala dinner sekaligus sebagai penutupan Pleno Cermat 2020 pada hari itu. Semua peserta dan keluarga masing-masing menikmati makanan yang disajikan diiringi Live Music. Sebelum pulang, masih ada yang ditunggu para peserta yaitu Door Prize dengan hadiah utama Sebuah Lemari Es yang berhasil dibawa pulang oleh peserta dari Bogor. Selain itu banyak juga hadiah laiinya yang dibagikan Fortune sebagai bentuk apresiasi pada para peserta. Acara ini sangat berkesan buatku karena bisa menabah teman-teman baru yang merupakan ibu-ibu inspiratif juga ilmu-ilmu yang didapatkan dari Kelas Cermat juga semoga bisa diaplikasikan kedalam kehidupan sehari-hari yang pastinya bisa bikin aku menjadi Ibu CerMat juga donk.



Comments

  1. Wah asyik dan bergizi banget ya acaranya
    Dari pagi sampai malam sehingga bisa langsung praktek di rumah ya?

    ReplyDelete
  2. Senangnya...
    Acara yang bisa saling support dan sangat menginspirasi bagi para Ibu.
    Bahagia sepulangnya acara karena dapat teman baru, ilmu baru, pengalaman baru dan voucher.
    Hehehe....selamat yaa, teh.

    ReplyDelete
  3. Ibu-ibu memang harus melek literasi keuangan ya. Dan harus saling support dab menginspirasi

    ReplyDelete
  4. Waah acaranya seru dan banyak ilmunya juga ya teh. Penting banget buat buibu untuk atur keuangan keluarga dengan baik, center keluarga ada di ibu soalnya. Hehe.

    ReplyDelete
  5. Ilmunya sangat bermanfaat dan praktis bangets yah buat para ibu. Ide mereka juga keren dalam memanfaatkan (limbah ?) fortune

    ReplyDelete

Post a Comment