Pentingnya Pewarna Makanan Alami dalam Minuman Sehari-hari

Hidup di jaman sekarang ini memang segala dimudahkan dan praktis ya, mau minum apa aja udah banyak dipasaran dengan berbagai macam bentuknya. Sebagai seorang ibu yang punya anak usia 4 tahun yang aktif banget, aku dituntut juga harus mecari segala hal yang gak bikin ribet dan praktis ya. Seperti memilih minuman seperti susu, yogurt, dll. Biasanya sih paling mudah beli di supermarket dan stok dirumah deh.



Terkadang aku gak pernah memperhatikan secara detail apa isi komposisi setiap minuman tersebut. Hal ini kalau dibiarkan ternyata bisa bedampak jelek buat kesehatan keluarga nih. Karena menurut beberapa artikel yang aku baca penting banget loh baca dan tahu isi komposisi dalam sebuah kemasan. Salah satunya adalah studi dari university of Southampton, disana para ahli menyimpulkan bahwa adantya pewarna buatan atau pengawet natrium benzoat (atau bahkan keduanya) yang terdapat pada makanan dapat menyebabkan peningkatan hiperaktif pada anak usia 3 tahun dan 8/9 tahun pada populasi umum. Nah, dari studi yang dipublish pada tahun 2007 tersebut maka dilahirkanlah ndang-undang pada tahun 2010 di Uni Eropa yang mewajibkan setiap makanan dan minuman harus mencantumkan label peringatan jika mengandung salah satu dari 6 pewarna buatan seperti berikut ini tartrazine, Quinoline Yellow, Carmosine, Sunset yellow, Allura Red dan Ponceau 4R. Lebih detilnya di tiap kemasan harus dicantumkan juga peringatan seperti “Bahan ini mungkin memiliki efek merugikan pada perhatian dan aktivitas Anak-anak”. Kalau sampai nemu kata-kata tadi didalam komposisi disalah satu kemasan berarti itu mengandung pewarna buatan ya. 




Tuh kan, berdasarkan hal itu pula kini aku jauh lebih berhati-hati memilihkan makanan dan minuman kemasan untuk keluarga. Salah satu minuman kemasan kesukaan aku dan keluarga adalah yogurt, karena kita tuh cenderung suka bermasalah dengan pencernaan. Salah satu cara bikin pencernaan sehat dan kuat adalah dengan mengkonsumsi yogurt, selain itu untuk aku ketika datang bulan minum yogurt tuh bisa meringankan nyeri dan jadi moodbooster juga.  




Setelah pencarian berbagai macam yogurt pilihan kita jatuh ke Heavenly Blush. Awalnya suka sama kemasan luarnya yang simpel tapi menarik, lalu pas dibaca kemasannya ternyata tidak mengandung pewarna buatan melainkan pewarna alami dari buah dan sayur, lalu rasanya itu lo, se-heavenl y itu! Jadi kalau yang kita biasa beli tuh yang kotakan UHT dengan tekstur encer jadi mudah sekali dikonsumsi tinggal sedot aja gitu, lalu rasa asam manisnya tuh pas gak lebay. Akachan, anakku, suka banget yogurt ini jadi rasanya tuh kids friendly juga. Asa favorit kita tuh yang Blackcurrent, karena jarang banget dan emang enak lo asem seger gitu. Untuk diolah menjadi makanan, minuman atau pun dessert yogurtnya Heavenly Blush ini tetap oke karena memang memakai warna alami dari buah dan sayur seperti Bit Merah, ubi jalar, Spirulina, Wortel dan masih banyak lagi.



Setelah mengetahui manfaat dari pentingnya membaca isi komposisi dalam kemasan, aku semakin tersadar bahwa dengan begitu kita bisa memilih dan menata pola gaya hidup sehat untuk keluarga dari hal kecil. Efek yang akan kita dapatkan nanti bisa berjangka panjang untuk kesehatan kita, apalagi untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Selanjutnya jika pas berbelanja, aku merasa lebih aware dan bisa skip kemasan-kemasan berbahan pewarna buatan. 


Comments

  1. iyaa terkadang suka kelewat untuk liat komposisi bahan makanannya. Apa ada pewarna buatan atau ga, huhuhuhu.
    Btw, aku juga minum ini beb, apa lagi pas lagi hamil :)

    ReplyDelete
  2. Woahhh.. ini yogurt favorit. Rasanya ga terlalu asam, enak & menyehatkan ya. Makasih sharing ya Teh.

    ReplyDelete
  3. Iya yaa kadang suka lupa ngecek label komposisi, sekaramg kudu rajin ngecek nih hehehe

    ReplyDelete
  4. Wah yogurt favoritku sih ini , tiap hari aku minum ini sambil baca manga di mangafast.net

    ReplyDelete

Post a Comment