Digital Breakfast #5 Coconut X Accurate: Retail is Detail


Pada masa kini, tren berbelanja sudah mulai bergeser dari offline (konvensional) ke system online. Tak bisa dipungkiri seiring berkembangnya teknologi banyak sekali hal-hal yang mendasar ikut berubah juga. Seperti dengan adanya bisnis e-commerce yang berkembang pesat, membuat para pelaku bisnis online harus berusaha mengikuti perkembangan zaman agar tidak ditinggal oleh customer. Tercatat dalam triwulan pertama di tahun 2018, pengunjung e-commerce di Indonesia mencapai lebih dari 450 juta pengunjung. Selain pembeli yang bertambah, penjualpun ikut bertambah setiap tahunnya sehingga persaingan bisnis pun ikut meningkat. 



Ada event seru yang membahas berkembangnya tren e-commerce di Indonesia dan bagaimana untuk survive di tengah persaingan yang berdarah-darah juga Optimasi omset jualan online cukup dengan aplikasi pembukuan canggih. Dengan pembicara sebagai berikut Kuntowiyoga (Strategic Director Panenmaya Grup) dan Lukman Bijak Bestari (Product Manager Accurate).


Pertama acara dibawakan oleh Kuntowiyoga yang menjelaskan mengenai dunia bisnis online kekinian dan berbagai strategi untuk bertahan. Mengusung konsep I.D.E.A (Identify, Develop, Engage, Accelerate), dapat dirangkum sebagai berikut:

-          Identify, Mengenalkan identitas usaha sendiri sebagai brand, distributor atau reseller. Hal ini sangat penting agar usaha kita bisa dikenal lebih jauh oleh konsumen.
-          Develop, dianataranya develop a pressense (kehadiran) di dunia bisnis online, Develop Solution dan Develop Story. Karena pasar ‘Milenial’ ini sangat suka dengan behind story, hal ini akan menerangkan value dari produk dan brand kita. Jadi semacam sharing-sharing dulu, jualan kemudian.
-          Engage a targeted not only number of reach. Jadi lebih focus mencari target market yang spesifik. Lalu harus adanya Response, tak peduli apapun kondisinya, market di Indonesia ini sangat suka bertanya meskipunt sudah ada caption detail yang dilampirkan. Maka konsekuensinya adalah harus selalu siap menjawab karena transaksi online justru lebih banyak terjadi di chat.
-          Accelerate, yaitu working smart, pelaku bisnis online  dituntut untuk selalu mengukur kapasitas bisnis dan menganalisa agar dapat survive.




Acara pun dilanjutkan oleh Lukman Bijak Bestari yang merupakan Product Manager dari Accurate. Sebetulnya Accurate ini adalah sebuah tools aplikasi pembukuan canggih yang bisa diakses oleh para pelaku bisnis online. Mengapa pembukuan online ini dirasakan sangat perlu karena tidak semua pelaku bisnis online di Indonesia memiliki sistem pembukuan sehingga meskipun transaksi jual belinya meningkat tapi belum bisa merasakan hasilnya dengan maksimal. Dengan adanya aplikasi pembukuan canggih ini, penjual dapat melakukan optimasi omzet penjualan  Sehingga dapat membantu mereka mendapatkan keuntungan dan sebuah laporan keuangan yang dapt menjadi tolak ukur kesehatan bisnis mereka, layaknya bisnis yang telah established.



 

Accurate Online ini berbasis Cloud yang memiliki fitur-fitur canggih dalam menunjang bisnis online dengan laporan keuangan yang dapat menunjng operasional usaha mereka seperti pemotongan pajak otomatis pada laporan keuangan seperti PPh 21, PPh 23, PPN dan juga PPh 4 ayat 2. Accurate Online telah terintegrasi dengan e-faktur perpajakan seperti e-faktur dan e-PPh 21/26. Hal ini tentunya akan sangat memudahkan pelaku bisnis online dalam membuat laporan pajak bisnis UKM dan UMKM. Untuk fitur lengkap Accurate Online ini bisa dilihat di http://aol.solusiukm.com







Comments

  1. Yuk ... akh bagi pelaku UKM gunakan accurate online untuk pembukuan rapi sehingga keuangan tertata dengan baik

    ReplyDelete
  2. Wow akuntan zaman now, keren banget ya😉

    ReplyDelete
  3. materinya bagus banget nih buat kita yang baru mau memulai bisnis online. Selain itu kebantu banget sama adanya aplikasi pembukuannya.

    ReplyDelete
  4. sekarang serba online apa apa jadi lebih mudah dan ngga ribet ya..

    ReplyDelete
  5. Praktis dan mudah banget yah kayanya pembukuan di accurate online

    ReplyDelete
  6. keren inovasinya memudahkan banget bagi pelaku bisnis online ya teh, ku juga tertarik bisnis online nih semoga bisa terealisasi

    ReplyDelete
  7. Ini event bermanfaat banget. Aku jadi dapat banyak ilmu :)

    ReplyDelete
  8. Bermanfaat banget materi acaranya buat pelaku usaha online seperti saya :)

    ReplyDelete
  9. Wah, canggih ya aplikasinya. Kudu punya nih yang punya olshop. Apalagi ada cara optimasi. Bisa makin berkembang usahanya. Keren!

    ReplyDelete
  10. Accurate sangat memudahkan setiap penjualan. Mulai dari stock barang, laporan keuangan. Pokoknya sangat membantu banget deh 😊

    ReplyDelete
  11. Acaranya keren ya teh banyak ilmunya seneng banget bs ikut acara ini..:)

    ReplyDelete
  12. Acaranya cukup menarik, dan paham kalau pembukuan sekarang juga udah gak usah repot lagi pake buku sama pulpen..keren lah,

    ReplyDelete
  13. Canggih yaaa. Idenya bagus nih accurate. Aq pernah pake dan emang keren banget. Nggak susah makenya, padahal aq nggak ngertibapa2 soal akutansi. :D

    ReplyDelete
  14. Kalau nanti aku punya olshop ga usah puyeng lagi mikirin pembukuannya. Asik, ya mudah dan muah aplikasi Accurate ini

    ReplyDelete

Post a Comment