Healthy Skin is The Real Beauty Talkshow and Basic Facial at Skin Ethica





Bulan lalu, kembali aku mendapatkan kesempatan seru lagi dengan menghadiri Beauty Talk Show yang bertempat di Skin Ethica Bandung. Meskipun sebenarnya basic interest Fairyfooides itu di Kuliner, tapi seiring waktu ingin lebih berkembang lagi sehingga aku memutuskan untuk memperluas cakupan pembahasan di Blog dan IG menjadi Lifestyle Blogger. Masih terhitung pemula sih untuk mereview atau menulis blog selain kuliner, tapi semoga bisa semakin berkembang dan berkarya terus.

Oke, kembali lagi ke event Beauty Talkshow di Skin Ethica ini diselenggarakan oleh Bandung Com-Unity dan Skin Ethica. Para tamu yang hadir merupakan para blogger di Bandung, agak canggung juga karena berbarengan dengan para beauty blogger Bandung juga yang tampilannya kinclong-kinclong. Tapi gak apa-apa dengan menghadiri acara seperti ini pasti nantinya akan berguna buat blog ini. 


Acara di buka oleh moderator Arwi Aditya yang menyampaikan sekilas mengenai Skin Ethica sendiri yang merupakan sebuah klinik yang menyediakan pelayanan dokter spesialis kulit dan kelamin, gizi klinik dan bedah plastik. Klinik Skin ethica ini memiliki lokasi yang strategis di tengah kota Bandung tepatnya di Jl. Aceh (Graha Manggala Siliwangi) sangat mudah dijangkau. Adanya SDM yang berkualitas yang dimiliki Skin ethica Dermal Specialist bertujuan untuk menjadikan klinik terbaik di Indonesia dan menjadi Brand Top of Mind dalam bidang Dermal Klinik. Untuk peralatan yang ada di Skin Ethica sudah mengantongi izin dan terdaftar di Dinas Kesehatan Kota Bandung dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Direktorat Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan). Jadi beneran gak bikin insecure kalau mau perawatan disini nih.




Lanjut lagi ke acara Beauty Talkshow nya yang bertajuk Healthy Skin is The Real Beauty di isi oleh 3 narasumber yang merupaka dokter-dokter specialis di Klinik Skin Ethica, mereka diantaranya adalah Nuri N. Sugandi, dr., Sp. GK (Dokter Spesialis Gizi Klinik), Nia Ayu Saraswati, dr., Sp. KK (dokter Spesialis Kulit dan Kelamin) dan Betha Egih Riestiano, dr., Sp. BP-RE (dokter spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik). 



Narasumber yang pertama adalah Dokter Nuri, sebagai ahli Gizi beliau menyampaikan perlunya asupan makanan bergizi agar kulit terawat dari dalam. Beliau pun menyarankan untuk menghindari hal-hal yang bisa bikin kulit rusak seperti paparan sinar matahari, begadang, asap rokok dll. Untuk menjaga kulit agar terawat dan berkualitas salah satunya dengan mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C terutama karena bisa merangsang produksi kolagen yang baik untuk kulit. Selanjutnya Narasumber kedua adalah Dokter Betha, beliau membahas tentang operasi plastik, bagaimana peruntukannya, efek samping bahkan bagaimana mengenali tahi lalat yang berbahaya dan tidak berbahaya untuk kulit. Untuk bedah rekonstruksi dilakukan untuk pasien yang memerlukan perbaikan fungsi dan bentuk agar kembali normal, sedangkan bedah estetik dilakukan untuk pasien yang ingin mempercantik penampilan contohnya menghilangkan kantung mata. Terakhir narasumber ketiga adalah dokter Nia yang membahas bahwa kulit yang sehat itu belum tentu yang glowing loh, tau sendiri trend kecantikan sekarang kan yang seba glowing gitu. Menurut beliau kulit sehat itu yang teksturnya halus, tone cerah dan kenyal. Lalu penggunaan skincare juga harus digunakan sesuai dengan jenis kulit agar mendapatkan nutrisi yang maksimal. Selain itu jerawat dan flek yang ada dikulit itu merupakan penyakit yang seharusnya ditangani oleh dokter kulit.



Tuh kah, banyak banget ilmu yang bermanfaat yang bisa didapatkan di event kali ini. Lebih happy lagi ketika pulang kita semua diberikan lunch dan goodie bag yang berisikan voucher treatment, face cleanser dan handuk kecil yang praktis untuk dibawa kemana-mana lo. Nah, voucher treatment di Skin Ethica yang aku dapatkan adalah Basic Facial senilai Idr 289k yang ada 4 jenis disini yaitu Acne Facial, Anti Aging Facial, Whitening Facial dan Sensiglow Facial (kulit sensitif). Aku memilih Anti Aging Facial, karena sudah usia 30thn sudah harus mulai menabung nutrisi Anti Aging nih.  Sebetulnya untuk tahapan facial nya ke-empat basic facial ini sama saja yang membedakan adalah serumnya. 




Pada hari yang berbeda dan sudah terjadwal (dikarenakan kliniknya lumayan rame dan selalu penuh slot facialnya) aku dateng lagi ke Skin ethica dan langsung redeem vouchernya dengan basic facial. Pelayanan disini sangat ramah, setiap sudut ruangannya instagenic dan bikin nyaman. Ada ruang tunggu dengan sofa dan TV juga tersedia air mineral. Ada juga mushola disini lo. Setelah terapis nya datang aku diantar ke ruangan paling belakang yaitu ruang facial treatment. Pertama aku diminta mengganti sepatu dengan sendal yang telah disediakan. Lalu aku ganti baju dengan kemben dan diminta berbaring di tempat facialnya. Meskipun tempat facialnya bersekat tetap nyaman dan gak berisik kok. Oke untuk langkah-langkah treatmentnya sebagai berikut ya:





1. Cleansing, wajib banget dibersihin dulu mukanya dari make up dan debu yang menempel diwajah.
2. Face Massage, setelah dibersihkan lalu wajah dipijat-pijat ringan gitu dengan oil yang bikin relaks.
3. Penguapan, pada fase ini mata ditutup dan wajah diberikan uap hangat yang bertujuan membuka pri-pori agan proses selanjutnya yaitu ekstraksi bisa lebih mudah dilakukan.
4. Ekstraksi Komedo, nah, dimana-mana yang bikin maju mundur untuk facial tuh adalah proses ini karena biasa memang perih dan suka bikin nangis nih. Tapi kembali lagi ingat manfaat dan tujuan dari ektraksi komedo ini agar wajah bisa bersih maksimal dan tidak menumpuk komedo di wajah yang tentunya gak sehat untuk wajah kita donk. 
5. Vakum, menggunakan alat kecil yang kerjanya seperti vakum bertujuan untuk membersihkan sisa-sisa komedo, lemat dan kotoran secara tuntas.
6. High Frequncy (HF), nah ini pakai alat lagi nih, cukup unik tinggal di-tap diwajah bertujuan untuk anti bakteri dan mencegah munculnya jerawat dan meremajakan kulit.
7. Serum, paling suka tahapan ini deh dalam pengaplikasian serumnya digunakan juga alat galvanic agar cepat meresap dan meberikan efek sejuk di wajah.
8. Masker. diaplikasikan di wajah yang juga ada sensasi sejuk dan bikin relaks ditambah sambil nunggu maskernya kering, aku dapat pijatan di tangan yang enak banget. 
9. Sunscreen, setelah masker kering dan wajah dibersihkan aku ditawari sunscreen yang tentu saja gak aku tolak donk. Karena wajah tetap memerlukan perlindungan dari sinar matahari.




Akhirnya selesai juga Basic Facial di skin Ethica yang bikin puas dari segi pelayanan dan treatment yang diberikan. Pas selesai ganti baju, terapis masih menawarkan mau minum apa ada pilihan teh dan jahe hangat. Aku pilih jahe dan dipersilahkan menunggu di ruang tunggu karena minuman disediakan disana. Setelah puas treatment dan ditutup dengan secangkir jahe hangat beneran mood booster banget. Terimakasih Skin Ethica, pasti bakalan balik lagi sih.



Comments