Film Koboy Kampus, Nostalgia Kehidupan Kampus Ala Pidi Baiq


Nama Pidi Baiq sudah mulai tidak asing terdengar, apalagi sejak kemunculan film Dilan. Beliau adalah penulis dan pencipta tokoh Dilan. Kali ini ada film baru yang gak kalah seru dari Dilan dengan genre yang berbeda yaitu Komedi, judulnya Koboy Kampus. Film ini disutradarai langsung oleh Pidi Baiq dan Tubagus Deddy. Juga dibintangi para artis muda berbakat seperti Jason Ranti, Ricky Harun, Bisma, David John Schaap, Miqdad Addausy, Vienny JKT48, Danilla Riyadi dan masih banyak lagi. 




Seperti judulnya film ini mengisahkan masa lalu Pidi Baiq ketika kuliah sebagai Koboy Kampus alias mahasiswa yang gak lulus-lulus juga suka menginap di kampus. Setting lokasi kebanyakan di ruangan studio seni FSRD ITB dan Kampus ITB juga kota Bandung secara keseluruhan tentunya. Latar belakang masa perkuliahan ini terjadi pada saat pergolakan mahasiswa terhadap pemerintahan Soeharto tahun1997, dimana banyak mahasiswa turun ke jalan untuk berdemo. Berbeda dengan kebanyakan mahasiswa pada saat itu, Pidi Baiq dan kawan-kawan lebih memilih tetap di kampus bahkan mendirikan negara sendiri yang dinamakan Negara Kesatuan Republik The Panas Dalam, sebuah negara seukuran ruang studio di kampusnya tersebut.



Dalam film ini kita bisa sedikit bernostalgia ke tahun 90an yang memang berkesan, lalu komedi nya pun dikemas seperti sketsa jadi selama nonton enjoy aja. Daya tarik lain film ini juga ada pada Jason Ranti yang sukses memerankan ke-absurd-an seorang Pidi Baiq lalu sesekali bernyanyi menyanyikan lagu-lagu The Panas Dalam yang hits seperti Nia, Koboy Kampus, dan Sudah Jangan ke Jatinangor. Sebagai penggemar The Panas Dalam, seneng banget akhirnya bisa tahu kisah di balik lagu-lagu tersebut.




Film ini serentak ditayangkan pada 25 Juli 2019 di bioskop-bioskop seluruh Indonesia. Minggu lalu seneng banget dapet kesempatan nonton bareng film ini dan dapet kejutan pula, pas mau beranjak pulang tiba-tiba pintu di tutup dan ada beberapa orang masuk ternyata beberapa kru pemain film Koboy Kampus datang loh sekalian mau mempromosikan filmnya. Seru banget. 














Comments

  1. Koboy Kampus ini lagu kebangsaan buat saya yang kuliah 7 tahun emang. "lalu kapan saya akan diwisuda, adik kelas sudah lebih dulu..." huhuhu :D gila gak nyangka lagu-lagu yang saya pikir gak akan terkenal, sekarang bahkan dibikin filmnya gini.

    ReplyDelete

Post a Comment