Berkunjung ke Kopi Jenderal Nusantara Buwas





Kota Bandung kembali memiliki tempat ngopi berkualitas dengan tempat yang megah di kawasan Jl. L.L.RE. Martadinata (Riau). Tempat ini bernama Kopi Jenderal Nusantara Buwas, yang merupakan milik dari Bapak Komjen Pol. (Purn) Drs. Budi Waseso (Buwas) yang juga merupakan Direktur Utama Perum Badan Urusan Logistik (Bulog). Beliau meluncurkan Kopi Jenderal ini sebagai wujud kecintaannya terhadap kopi Indonesia yang sudah mendunia. 

Sejarah Berdirinya Kopi Jenderal



Bermula beberapa tahun lalu ketika Buwas masih menjabat sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) sedang bertugas di Aceh dan menemukan ladang ganja illegal milik warga. Karena kecintaannya akan kopi, beliau lalu merubah lading tersebut menjadi lahan kopi sebagai bentuk dedikasi kepada Negara melalui edukasi pada masyarakat setempat. Menurutnya pada ketinggian 1200 mdpl bisa menghasilkan kopi yang berkualitas. Akhirnya beliau memberdayakan petani Aceh yang sebelumnya menanam ganja menjadi petani kopi. Hasil dari lahan kopi tersebut diberi nama Kopi Jenderal dan sudah di ekspor juga keluar negri. Atas semangat beliau terhadap kopi jenderal akhirnya dibukalah Kopi Jenderal Nusantara pertama di Kantor Pusat Perum Bulog, Jakarta. Tak lama kemudian dibuka juga cabang kedua di Kota Bandung.

Lokasi dan Bangunan Heritage





Kopi Jenderal Nusantara ini terletak di kawasan strategis Jl. Riau dimana terhampar banyak sekali tempat makan, hang out, dan pusat perbelanjaan. Lokasi cabang kedua ini dibangun dengan mempertahankan existing site bangunan Heritage Belanda kuno sebagai Flagship store yang identik dengan proses roasting modern. Proses Roasting Modern ini ditunjukan secara langsung dan mengunggulkan proses roasting secara akurat sesuai dengan profile terbaik dari biji kopi Nusantara. Jadi bangunannya tuh unik deh, dibagian depan ada bangunan khas Belanda, dan dibelakangnya ada bangunan megah 2 lantai dengan coffee bar sebagai center. Bangunan pertama lebih ke family, buat makan keluarga, homy, dan ada beberapa Private Room. Sedangkan bangunan kedua yang lebih besar cocok buat hang out dan fine dining.

Pengalaman Berkuliner di Kopi Jenderal Nusantara Bandung




Meskipun masih dalam suasana Pandemi, tidak memutuskan harapan untuk membuka Kopi Jenderal Nusantara. Pembukaan cabang baru ini menerapkan protokol kesehatan yang ketat sesuai prosedur Covid-19. Seperti pas kita tiba di paling depan akan di check temp, wajib pakai hand santizer dan sepatu disemprot disenfektan. Lalu kita masuk dari samping, disambut para greeter anggun yang sangat ramah. Sebelum diantar ke meja kita bisa sterilkan barang bawaan kita di sterilizer box yang disediakan. Pas masuk kedalam luas banget didalam dengan nuansa kayu yang mewah. Kita disediakan tempat di lantai 2. Tempat ini juga pas untuk keluarga, dari menunya sangat beragam mulai dari menu Nusantara sampai Western. Ada beberapa menu andalan yang kita icipin disini antara lain:



·         Ice Palm Sugar Gandja Latte, ini tuh kopi susu signature pakai kopi Gandja, jangan salah ya ini kepanjangan kopi Gayo dan Djawa. Sumpah, kopinya enak banget, strong, thick, dan gak bikin eneg. Cocok buat temen hang out.

·         Coffee & Tonik, kalau ini coffee mocktail yang lagi hits perpaduan kopi, hazelnut dan Indonesian Spice. Unik banget deh, aroma hazelnut dan cinnamon cukup kuat, tapi rasa kopinya segar dan after taste nya kaya anget herbal gitu.



·         Asinan Bogor, nah ini saladnya Indonesia ada buah, sayur dan lengkap dengan krupuk mie kuning disiram saus kacang asem pedas. Nikmat sebagai makanan pembuka.



·         Caesar Salad, nah ini versi bule nya nih, mau makan sehat pilih ini deh sayurannya fresh, homemade Caesar dressing enak, dengan toping chicken piccata.



·         Calzone, Nah kesukaannya anak-anak deh. Bentuknya pizza tutup gitu dan porsinya besar lo bisa jadi 4 slice tebal. Akachan suka banget karena rasa otentik tomato saucenya manis asam favoritnya. Isiannya ada beef bacon, beef salami, boiled egg, mushroom campignon, mozzarella dan salad.


·         Es Campur Pemersatu Bangsa, ini es campur beneran mewah deh dengan isianbahan premium yang konon resep asli dari Presiden Soekarno. Isinya ada tapioca pearl, semangka, timunsuri, alpukat, roti, nangka, cincau dengan toping es serut, santan, dan Gandja Cocopandan Syrup.



·         Sirloin Steak with Mushroom sauce, Porsinya ngenyangin banget. Daging sapinya lembut disiram saus mushroom dan ada citarasa truffle oil yang enak banget. Ada side dish kentang goreng, jagung bakar dan salad.




Kita bertiga merasakan pengalaman makan yang menarik disini, terutama pelayanan disini sangat mengagumkan. Setiap meja seperti punya asisten sendiri, tiap staff bermasker dan face shield dengan uniform yang casual. Semua ramah dan helpful. Mulai dari diantar ke meja, mendampingi ketika pemesanan, menyajikan alat makan dengan menjelaskan bahwa setiap alat makan untuk masing-masing menu berbeda, hingga sampai kita pulang semua tetap ramah dan bikin nyaman pengunjung. Smoga bisa dipertahankan seterusnya.

 



Kopi Jenderal Nusantara

Jl. L.L.RE. Martadinata 219

Kota Bandung

Open Hours 10 AM – 8 PM

Comments