Qahwa, MIddle East Taste at Bandung


Kali ini tim #fairyfoodies diundang untuk mencicipi menu andalan dari Qahwa Cafe & Resto yang berlokasi di Jl. Progo dan letaknya tak jauh dari Jonas Photo (sebagai patokannya). Ketika sampai di depan kami langsung dapat mengenali tempatnya karena Sign nama cafenya cukup besar dan mudah dikenali. Dari luar penampilan cafe ini sudah berbeda dengan deretan cafe di sepanjang Jl. Progo. Kebanyakan memakai konsep Indonesian ataupun western, Qahwa ini menggunakan konsep Timur Tengah. Dengan tagline "No. 1 Jagonya Kambing Muda Bakar di Bandung".

Ketika masuk, suasana timur tengah semakin kental terasa. Dari dekorasi maupun interiornya memakai konsep Timur Tengah yang unik dan berbeda. Bisa dilihat pas melewati pintu masuk kita akan memasuki semacam sebuah lorong yang dikanan kirinya ada dekorasi seperti teko/cawan raksasa ala Timur Tengah, dan lain-lain. Masuk kedalam lagi ada beberapa meja dan kursi/sofa untuk dine in. Cahaya disini memang cukup terang karena setelah kami tahu ini selain konsepnya timur tengah, juga sebagai Family Cafe. Suasana terang ini nantinya akan memberikan kenyamanan untuk anak-anak maupun orang tua. Lalu ada beberapa ruangan private disini, hal ini biasanya diperuntukan kepada tamu-tamu bercadar yang kurang nyaman makan jika harus membuka cadarnya, oleh karena itu mereka sering memesan ruangan private tersebut.  

Semakin ke dalam kami tertarik dengan sebuah ruangan yang cukup luas dibagian belakang. Ruangan ini sangat terasa timur tengahnya dibanding yang lain karena memakai tenda dan tirai-tirai seperti di film Aladin gitu deh. Nah ruangan yang ini bisa dipesan untuk event-event seperti meeting, party, akad nikah, dll. Selesai berkeliling akhirnya kami berkumpul dan siap untuk mencicipi menu andalan dari Qahwa Resto & Cafe. 

Menu yang pertama adalah signature dish dari Qahwa, Sahan Package. Ada 3 macam nasi disajikan dipiring yang menyerupai baki lalu diberi toping kambing dan ayam. 3 macam nasi ini merupakan nasi impor jenis Abukas yang memiliki tekstur panjang ramping dan tidak lengket. 3 Macam nasi terebut adalah:
1. Briyani, cirinya nasinya warna warni memiliki rasa rempah yang pekat
2. Kabsah, warnanya agak merah dengan rasa agak asam dari pasta tomat
3. Al Mandhi, warna kuning menggunakan rempah safron dan pakai kismis juga kacang-kacangan

Ketiga nasi ini disajikan berbarengan, juga diberi side dish salad yang segar. Rasanya unik dan bikin kenyang juga puas.


Lalu selain makanan berat adapula makanan pendamping bisa sebagai camilan atau appetizers diantaranya ada Sambosa dan Shawarma (menyerupai kebab).



Minuman yang ditawarkan di Qahwa pun tak kalah menarik. Karena mengambil tema Timur tengah tentu saja ada olahan berbahan dasar dari Kurma. Tak semua orang suka kurma, namun disini kurma diolah menjadi minuman yang enak dan segar.













Terakhir di Timur Tengah juga mengenal sup atau makanan berkuah, kalau disini ada Shorbat Magadim. Ini merupakan sup dengan kuah berempah dan isinya ada daging kambing muda dan sayuran. Enak disantap ketika masih hangat.



Comments

Popular Posts