Menu Nusantara Ala RM. Legoh

Mencari menu Nusantara memang tidak sulit, namun kebanyakan orang akan datang ke Rumah Makan Padang yang kaya rasa dan bumbu khas Nusantara. Nah sebagai alternatif lain di Bandung ada RM. Legoh yang terkenal dengan menu Nusantaranya juga. Minggu lalu #fairyfoodies berkesempatan untuk food tasting kesana di tengah kesibukan kantor.

RM. Legoh berlokasi di Jl. Sultan Agung No. 9 Bandung, yang unik adalah tidak adanya plang nama sama sekali atau keterangan kalau disitu ada RM. Legoh. Hanya ada tulisan Jl. Sultan Agung No. 9 yang cukup besar. Sekilas kita lihat tempat ini seperti kantin yang terletak di teras sebuah rumah model kuno. Bagian dalamnya dipakai untuk distro. Kapasitasnya cukup luas bisa muat sekitar 250-300 orang. 

Sejarahnya RM. Legoh ini berdiri sejak tahun 2000, jadi sudah 14 tahun ni dan gak pernah pindah tempat hanya tempatnya saja diperluas. Didirikan oleh salah satu chef nya yang juga adalah seorang drummer dari Band Koil, yaitu Mas Leon, yang sayangnya tidak ada pada saat itu. Berawal dari kegemarannya akan makanan dan sering bereksperimen dalam masakan akhirnya beliau membuka rumah makan ini. Menu disini sebagian besar adalah menu dari Menado yang cenderung pedas dan gurih. 

Ada beberapa menu yang disajikan saat food tasting, diantarannya adalah Nasi Goreng Hitam, Nasi Goreng Rica, Bebek Cabe Hijau, Keju Aroma Es Krim, Alpukat Kerok, dan Es Kopi Alpukat. Menu-menu ini bisa dibilang andalan disini karena bisa dibilang tak akan ditemukan ditempat lain.
Berikut review menu tersebut:

*Nasi Goreng Hitam


Asli nasi goreng ini berwarna hitam lo. Bukan dari kecap, melainkan dari tinta cumi. Rasanya khas cumi dan gurih banget, isinya ada tentakel cumi dan kemangi. Untuk topingnya ada telor ceplok. Yang istimewa porsi menu ini cukup besar tapi harganya sangat terjangkau hanya Idr 22k saja. 

*Nasi Goreng Rica

Yang terbayang bila mendengar kata Rica adalah masakan menado dan pedas. Nasi goreng ini berwarna merah terang yang berasal dari bumbu rica, lalu diberi toping telor ceplok dan suwiran ikan tongkol. Sama dengan menu sebelumnya yang inipun porsi jumbo dengan harga Idr 20k. Karena yang disajikan adalah rasa original maka tidak terlalu pedas cenderung mild. Tenang saja bagi pecinta pedas, jika ingin request pedas bisa kok tinggal bilang saja sama waiternya. 

*Keju Aroma Es Krim

Menu ini cukup menjadi andalan disini lo, bahkan sebelum keju aroma nge-hits dan menjamur disini sudah ada dari dulu. Keju Aroma adalah semacam lumpia kering yang isinya keju cheddar. Satu porsi terdiri dari 5 buah keju aroma yang diberi saus coklat dan es krim vanilla. Kulit lumpianya renyah dan kejunya juga berasa banget. 

*Bebek Cabe Hijau

Mungkin bebek yang satu ini bisa jadi one of the best sampai saat ini yang pernah #fairyfoodies cicipin. Bebek disini tidak diungkep hanya dimarinasi saja lalu di goreng. Tapi rasanya sangat gurih sampai ke tulang, bahkan tidak alot sama sekali atau amis. Yang tak kalah istimewa adalah siraman tumisan cabe hijau segar yang cuma diiris-iris dan bumbu lainnya yang bikin gurih. Tekstur cabenya renyah ketika digigit. Untuk tingkat kepedasan menu inipun bisa tinggal request ya sama waiternya.

*Alpukat Kerok

Dessert yang satu ini sayang untuk dilewatkan, perpaduan dari buah alpukat yang dikerok, lalu dibesi susu kental manis, cacahan gula merah, dan es keprok. Rasanya special banget, karena ada gula merah yang memberikan sensasi lain. 

*Es Kopi Alpukat

Lagi-lagi penyuka alpukat harus mencoba minuman yang satu ini juga. Alpukatnya tidak di blend, melaikan dikerok, lalu ditambah susu kental manis, dan kopi arabika. Aroma kopinya bikin enak, disajikan dalam 3 layer yang cantik. Disarankan ketika akan menikmatinya kita aduk terlebih dahulu agar tercampur rata. Rasanya cocok ternyata dan pas.

Oh ya, waiter disini biasanya suka jahil lo. Jadi kadang suka ada suprise challenge untuk customer yang doyan pedas, suka ditantangin bisa habisin menu pedas mampus gak? Kalau bisa habis makanannya free loh. Asik banget kan. Bagi pecinta pedas coba saja peruntungannya, siapa tahu pas kesini ditantangin lumayan bisa makan gratis. 

RM. Legoh
Jl. Sultan Agung No. 9
Bandung

WiFi: No
Debit/Kredit Card: Yess
Parking Lot: Yess


Comments