Ten Ten: King of Tempura!


Kedatangan kami (admin Fairy Foodies) ke Ten-Ten Jakarta kali ini yaitu untuk menghadiri acara OpenRice Gathering sekaligus tempura cooking class. Bagi pecinta makanan khas Jepang khususnya tempura tentu hafal dengan resto satu ini. Bertempat di pusat ibukota Jakarta, Plaza Indonesia lantai basement, Ten Ten dapat menjadi salah satu pilihan favorit bersama teman, pasangan, maupun keluarga.

Karena menu andalannya adalah tempura, maka tema cooking class kali ini adalah "How To Make a Tempura". Dalam acara ini juga kami dibagi dalam beberapa kelompok (3-4 orang per kelompok), yang dilombakan dalam membuat tempura paling oke.





Ten Ten Cooking Class

Kita diajarin untuk bikin tempura udang, termasuk side dishes-nya, seperti lobak dan bawang bombay. Ternyata memang ada trik-trik khusus dalam memasak tempura supaya sukses, di antaranya perlunya tepung terigu khusus (dengan kandungan cukup berbeda untuk tepung terigu biasa), penanganan khusus untuk udang, jumlah air untuk adonan, hingga teknik memasak yang spesial.

Turtle on The Sea karya kami :D

Walaupun kelompok kami tidak berhasil menang, namun kami cukup sukses dalam masakan kami. Dengan tema "Turtle on The Sea", kami mampu berkreasi dan merasa sangat senang dan puas dengan kerja sama tim kami :D


Seaweed Tempura

Setelah selesai lomba memasak, kami pun diberi kesempatan untuk menyantap menu Ten-Ten pilihan, kebetulan saya memilih Seaweed Tempura-nya. Rasa kuah miso nya enak, bening namun cukup gurih untuk lidah orang Indonesia. Selain itu rasa tempura-nya memang pas (tepungnya tidak asin dan bentuknya memanjang), layaknya tempura khas negeri sakura. Yang gak terduga, rasa lobak manisnya enak dan bikin pengen ngemil, karena manis, empuk, tapi ada crunchy-nya juga..

Karena tempura merupakan makanan Jepang dengan cita rasa global, maka Ten Ten dapat menjadi salah satu pilihan favorit bersama teman, pasangan, maupun keluarga. Last but not least, tidak lupa kami ngucapin terima kasih pada Ten Ten dan OpenRice Indonesia atas kesempatan yang menarik dan bermanfaat ini ya :)



Comments